Profile Perpustakaan

PERPUSTAKAAN IPI GARUT

Perpustakaan IPI Garut merupakan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang merupakan bagian integral dari institusi IPI Garut untuk menunjang kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yakni penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat juga berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan di institusi IPI Garut. Tugas utama Perpustakaan IPI Garut yakni mengelola koleksi karya tulis, cetak, rekaman secara profesional dengan sistem baku guna memahami kebutuhan pendidikan, penelitian, pengabdian, pelestarian informasi, dan rekreasi pemustaka.

Perpustakaan IPI Garut didirikan sejak tahun 1983. Sejalan adanya perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi yaitu STKIP Garut menjadi Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut berdasarkan SK Ristek Dikti No. 653/KP/I/2017 sejak 2014,  Perpustakaan STKIP Garut berubah namanya menjadi Perpustakaan IPI Garut.

 

Pada awalnya perpustakaan menempati salah satu ruang di Gedung A  dan sejak 2017 selaras dengan tuntutan layanan menempati ruangan baru yang lebih ergonomis yaitu berada di lt. 2 di atas ruang Prodi PGSD. Adapun Kepala Perpustakaan IPI Garut bertanggung jawab kepada Rektor. Pembinaan dilakukan oleh Wakil Rektor II (WR II) Bidang  Keuangan dan Sumberdaya.  Pengelolaan manajemen perpustakaan dilakukan oleh Kepala Bagian Perpustakaan.  Staf di Perpustakaan IPI Garut terdiri atas staf unit teknis, unit layanan pengguna, dan jaringan informasi.  Untuk mengetahui koleksi Perpustakaan IPI Garut, dapat mengunjungi Online Public Access Catalogue (OPAC) melalui website library.institutpendidikan.ac.id

Sejak awal berdirinya perpustakaan hingga sekarang, Kepala Perpustakaan IPI Garut telah mengalami pergantian pimpinan (kepala).

  1. Jamilah (2012-2017)
  2. Ninah Hasanah, S. Pd., S. I. Kom., M. Pd. (2017-2022)

Layanan Perpustakaan IPI Garut dibuka sesuai jam kerja mulai Senin-Sabtu.

WAKTU PELAYANAN

Senin-Sabtu : 08.00 – 15.00 WIB